Senin, 18 Mei 2020

kURIKULUM DTA AL HIKAMUS SALAFIYYAH


BAB I
TUJUAN PENDIDIKAN DASAR, LATAR BELAKANG,
VISI, MISI,STRATEGI, TUJUAN
DINIYAH TAKMILIYAH AWALIAH AL HIKAMUS SALAFIYYAH



1.    TUJUAN PENDIDIKAN DINIYAH TAKMILIYAH AWALIAH

Pendidikan Diniyah Takmiliyah AlHikamus Salafiyyah bertujuan untuk memberikan bekal kemampuan dasar kepada Para santri untuk mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara, dan anggota umat manusia serta mempersiapkan para santri  untuk mengikuti pendidikan ke jenjang selanjutnya, upaya-upaya yang dilakukan antara lain :
1.        Memperkuat dasar keimanan dan ketakwaan
2.        Membiasakan untuk berprilaku baik
3.        Memelihara kesehatan jasmani dan rohani
4.        Memberikan kemampuan untuk belajar
5.        Memperkuat kesadaran hidup beragama dan bermasyarakat
6.        Menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam lingkungan hidup
7.       Memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar yang diperlukan untuk berperan serta dalam kehidupan bermasyarakat.
8.       Mengembangkan perhatian dan pengetahuan tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara Republik Indonesia
9.     Menanamkan rasa ikut bertanggung jawab terhadap kemajuan bangsa dan negara
10.    Memberi pengetahuan dan keterampilan dasar yang diperlukan untuk berperan serta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara



2      LATAR BELAKANG DINIYAH TAKMILIYAH AL HIKAMUS SALAFIYYAH
Dalam upaya menjawab perkembangan zaman di masa depan, khususnya di wilayah Desa Sukapura, yang membutuhkan lembaga keagamaan yang terprogram baik, maka Yayasan Al-Hikamus Salafiyyah yang didirikan oleh almarhum KH. Drs. H.ER Busjairi Ibrohim mencoba meluaskan lahan dakwahnya dengan mendirikan Madrasah Al-Hikamus Salafiyyah saat itu. Selanjutnya keberadaan madrasah ini dikuatkan dengan diterbitkannya surat izin operasional dari Departemen Agama pada tanggal 18 juli 2007 dengan nomor SK Kd.10.01/55/PP.008/029/2005 dan nomor piagam pengesahan : D.Mi-10/MDA/076/2005 dengan nomor statistik Madrasah (NSM) : 4123206241891. Seiring perkembangan waktu nomor statistik Diniyah di perbaharui kembali oleh Kemenag bagian Pekapontren dengan nomor statistik yang baru yaitu : 311.2.32.04.272.
Santri DTA Al-Hikamus Salafiyyah adalah para santri Lulusan dari TK/RA baik dari Yayasan Al-Hikamus Salafiyyah sendiri, maupun TK/RA lainnya. Adapun materi pelajaran yang diberikan merupakan kurikulum yang diberikan oleh Kementrian Agama ditambah dengan materi Muatan Lokal dari Yayasan, yaitu :
1.   Al-Quran
2.   Al-hadits,
3.   Fiqih
4.   Aqidah
5.   Akhlak,
6.   Sejarah Kebudayaan Islam,
7.   Bahasa Arab,
8.   Tajwid
9.   Tahfiz juz 30,
10.      BTQ
11.      Kitab Kuning

 Disamping itu para santri juga diwajibkan mengikuti extra kurikuler sesuai dengan bakatnya yakni : Khitobah (Bahasa Inggris,Bahasa Arab,Bahasa Indonesia), kaligrafi. Serta seni islami (marawis)
Dalam perkembangannya, jumlah santri DTA Al-Hikamus Salafiyyah selalu mengalami pasang surut. Pada tiap semester ada saja santri yang mengundurkan diri dengan berbagai alasan. Karena sekolah (adanya les / pemadatan pelajaran khususnya bagi mereka yang kelas 6 SD), terlalu letih, dan lain sebagainya. Sebenarnya hal ini tak perlu terjadi, seandainya ada kerjasama dan dukungan dari pemerintah,orang tua, terhadap anak - anak mereka dengan menekankan pentingnya pendidikan agama bagi kehidupan mereka kelak.
Diakui atau tidak, perkembangan zaman yang terjadi sekarang ini telah membuat anak-anak pada masa kini telah semakin meninggalkan pendidikan agama dalam kehidupan sehari - harinya. Namun ditengah berbagai kesulitan yang ada, kami tak pernah berhenti berharap bahwa keberadaan DTA Al-Hikamus Salafiyyah mampu memberikan warna tersendiri dalam kehidupan masyarakat, dimulai dari yang terkecil, memberikan pendidikan akhlak kepada para santri, dan melatih jiwa kepemimpinan mereka.
Demikianlah Profil tentang DTA Al-Hikamus Salafiyyah, semoga dari paparan singkat ini senantiasa menjadi motivasi bagi pengurus Yayasan Al Hikamus Salafiyah untuk senantiasa memperjuangkan nilai-nilai pendidikan ajaran agama islam
Lembaga pendidikan Al Hikamus Salafiyyah senantiasa menebar rasa optimis, dan terus berbenah mengevaluasi program yang diterapkan secara berkesinambungan, dengan berusaha meningkatkan pelayanan terhadap peserta didik untuk meningkatkan kualitas lulusan yang senantiasa menjunjung tinggi dan berpegang teguh pada nilai-nilai akhlaqul karimah
Lembaga pendidikan Al Hikamus Salafiyyah berupayamengantarkan generasi mudamenuju masa depandengan berbekal IPTEK dan IMTAQ sehingga santri lebih siap menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks ini menuju kehidupan masyarakat yang baldatun thayyibah wa rabbun ghafur, insya-Allah.

3      VISI DINIYAH TAKMILIYAH AL HIKAMUS SALAFIYYAH
Menjadikan DTA Al Hikamus Salafiyyah sebagai tempat Tafaquh Fid-Din dan Publik Servis yang mengedepankan pencitraan ajaran agama Islam yang Rohmatan Lil ‘Alamin serta meningkatkan Sumber Daya Manusia yang Bertaqwa Cerdas, Kreatif, Inofatif sebagai kader Islam.
4      MISI DINIYAH TAKMILIYAH AL HIKAMUS SALAFIYYAH
Ikut serta menyelenggarakan pendidikan pengembangan dan pengajaran agama Islam guna membentuk kepribadian seorang muslim sebagai kader Islam yang utuh, berwawasan luas yang memadukan antara ilmu pengetahuan, dan amal sebagai wujud nilai-nilai ajaran agama islam yang Rohmatan Lil ‘Alamin

5      STRATEGI DINIYAH TAKMILIYAH AL HIKAMUS SALAFIYYAH
1.        Memberikan pelayanan prima kepada peserta didik
2. Menciptakan iklim sekolah yang kondusif untuk mendorong terwujudnya proses pembelajaran aktif, kreatif, efektif, menyenangkan dan produktif.
3. Meningkatkan mutu profesionalisme tenaga kependidikan secara berkesinambungan
4. Meningkatkan hubungan kerja sama yang harmonis dengan masyarakat, orang tua, dan para stakeholder.
6      TUJUAN DINIYAH TAKMILIYAH AL HIKAMUS SALAFIYYAH
1. Membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa  kepada Tuhan Yang Maha Esa, berperilaku dan berakhlak mulia.
2. Diniyyah Takmiliyah Al Hikamus Salafiyyah mempersiapkan generasi Muslim yang kaffah, berahlaqul karimah, cakap dan terampil, percaya diri dan berguna bagi nusa bangsa dan agama.
3. Memberikan bekal kemampuan dasar agama islam kepada siswa untuk mengembangakn kehidupan sebagai pribadi muslim yang beriman, bertaqwa dan beramal sholih serta berahlaq mulia.
4. Membina santri agar memiliki pengalaman, pengetahuan, ketrampilan beribadah dan sikap terpuji yang berguna untuk pengembangan pribadinya.
5. Memiliki pengetahuan dasar tentang gramatika bahasa Arab sebagai alat untuk memahami ajaran agama islam.

7.    MOTTO DINIYAH TAKMILIYAH AL HIKAMUS SALAFIYYAH
1.           Motto Umum:
AI-Quran dan al hadits Inspirasi Kemajuan umat.
2.           Motto Khusus :
Man jadda wa jada.(Barang siapa yang sungguh-sungguh akan menui hasil)


BAB II
MUATAN KURIKULUM DINIYAH L HIKAMUS SALAFIYAH


A.    MUATAN KURIKULUM
Muatan kurikulum Diniyah Takmiliyah meliputi 7 mata pelajaran utama, 3 muatan lokal dan 2 kegiatan pengembangan diri yang luas dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta dan termasuk ke dalam isi kurikulum yang dibelajarkan.

1.   Mata Pelajaran
Terdiri dari 7 mata pelajaran, yaitu :
1. Aqidah
2. Akhlak
3. Fiqih
4. Al Quran
5. Hadits
6. Bahasa Arab
7. Sejarah Kebudayaan Islam

2.   Muatan Lokal
Terdiri atas :
1. Khot/Imla
2. BTQ
3. Kitab Kuning

4.   Pengembangan diri
1. Pidato/khitobah
2. Seni Islami (marawis)
3. Kaligrafi

1.   Pembentukan karakter melalui pembiasaan dalam kegiatan :
a.   Rutin
1.    Sholat Ashar, berjamaah
2.    Menyimak dan membaca bacaan pendek dalam Al-qur’an sebelum dimulai pelajaran
3.    Berdoa sebelum dan sesudah belajar
4.    Membaca buku perpustakaan, di madrasah atau di rumah
5.    Komunikasi menggunakan bahasa sundadan bahasa arab bagi kelas 5 dan 6
6.    Menghapal Hadits Pendek
7.    Operasi kebersihan badan, pakaian, lingkungan.
8.    Membersihkan kelas dan halaman sekolah sebelum dan sesudah belajar

b.   Terprogram
1.    Kegiatan keagamaan (Pesantren Kilat Ramadhan)
2.    Pekan kreatifitas dan olahraga (PORSADIN)
3.    Karyawisata,darmawisata, dan studi tour

c.   Spontan
1.    Memberi salam
2.    Membuang sampah pada tempatnya
3.    Menengok dan membantu teman yang terkena musibah
4.    Berdiskusi dengan baik dan benar
5.    Tertib di dalam kelas

d.   Teladan
1.    Berpakaian rapih dan bersih
2.    Tepat waktu dalam segala hal
3.    Penampilan sederhana
4.    Tidak merokok di lingkungan sekolah







BAB III
ANALISIS SWOT TENTANG KEBERADAAN
DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH AL HIKAMUS SALAFIYYAH

Kelebihan Diniyah Takmiliyah Al Hikamus Salafiyyah (Strenght)

§  Memiliki warga belajar Pendidikan Anak Usia Dini (Kelompok Bermain)
§  Terjangkau alat transportasi
§  Pengadministrasian sudah berjalan baik
§  Adanya dukungan dari orang tua siswa secara penuh
§  Adanya dukungan dari masyarakat secara berkesinambungan

Kelemahan Diniyah Takmiliyah Al Hikamus Salafiyyah (Weaknes)

§   Masih kurangnya animo masyarakat tentang pentingnya pendidikan keagamaan bagi putra-putrinya
§   Sarana prasarana pendukung masih minim dan terbatas
§   Tenaga asatidz belum profesional serta masih bersifat relawan sehingga mutu pendidikan Diniyah masih perlu dikaji ulang untuk perbaikan di masa mendatang,serta belum dapat nya Diniyah memberi tunjangan guru yang layak,sehingga diakui bahwa Diniyah belum mampu menerima balas karya para asatidz secara memadai

Peluang Diniyah Takmiliyah Al Hikamus Salafiyyah (Opportunity)
§  Adanya kepedulian alumni dan masyarakat untuk terlibat langsung memajukan madrasah
§  Adanya kesamaan cita-cita antara komite dan pengelola madrasah
§  Menggali potensi yang ada pada diri santri

Tantangan Diniyah Takmiliyah Al Hikamus Salafiyyah  (Threat)
§ Mensosialisasikan keberadaan madrasah diniyah secara lebih luas ke masyarakat
§  Mengoptimalkan berbagai sarana pendukung yang ada
§  Waktu yang digunakan belajar terlalu singkat

Inovasi Diniyah Takmiliyah Al Hikamus Salafiyyah
Untuk mengoptimalkan madrasah diniyah, maka komite bersama pengelola madrasah diniyah berencana untuk melakukan beberapa inovasi :
§  Menambah program untuk madrasah diniyah
§  mengadakan study banding dengan diniyah yang telah maju
§ Menambah pengetahuan Ustadz/ah dengan mengikuti pembinaan,pelatihan,seminar,workshop yang dilaksanakan oleh FKDT tingkat kecamatan Dayeuhkolot
§  Menambah sarana dan prasarana yang diperlukan antara lain :
§  Pengadaan mebeler meja siswa
§  Pengadaan ruang Guru
§  Pengadaan Ruang Perpustakaan
§  Penambahan buku-buku perpustakaan
§  Menjalin kerjasama dengan instansi terkait yang mempunyai kepedulian terhadap pendidikan agama islam,
§  Mensosialisasikan Madrasah Diniyah secara lebih luas

Prestasi
Sampai saat ini, Madrasah Diniyah Takmiliyah Al Hikamus Salafiyyah belum meraih kejuaraan dalam bidang apapun karena jarangnya mengikuti lomba-lomba yang diselenggarakan, baik di tingkat FKDT kecamatan Dayeuhkolot maupun di festival-festival lainnya.


BAB IV
IDENTITAS MADRASAH
1.    Nama Diniyah Takmiliyah                         : Al Hikamus Salafiyyah
2.    Madrasah ULA/WUSTHO/ULYA*         : Madrasah ULA dan Wustho
3.    Alamat Madrasah                            : Jl. Adhyaksa 1 No 4 RT 1 RW 5 Desa  Sukapura  Kec. Dayeuhkolot
4.    Madrasah Didirikan PadaTgl, Bln, Thn         : 18 Juli 1989
5.    Pendiri Madrasah                            : Ketua Yayasan Al Hikamus Salafiyyah
 (Alm KH.Drs Busjairi Ibrohim)
6.    Kalender yang digunakan                         : Masehi
7.    Kurikulum yang digunakan                       : Kurikulum Kemenag
8.    WaktuBelajar                                         : siang dan sore hari
9.    Jumlah Ruang Belajar                              : 4 lokal
10. Jumlah Rombongan Belajar                      : 7 rombel
11. Luas masing-masing ruang belajar            : ( 6 x 5 ) m²
12. Status tanah                                  : Wakaf
13. Luas tanah                                     : 171m²
14. Sarana dan prasarana yang ada                :
·                          MejaMurid                                    :   8 Meja
·                          Kursi/bangku murid                       :   0  buah
·                          Meja Guru                                    :   2 buah
·                          Kursi Guru                                    :   2 buah
·                          PapanTulis                                    :   4 buah
·                          Lemari                                        :    3 buah
ADMINISTRASI YANG DIMILIKI
No
Buku administrasi
Ketersediaan
Memiliki
Tidak Memiliki
1
Program Pengajaran

2
Program KerjaDiniyah

3
Struktur Diniyah

4
Kurikulum

5
KalenderPendidikan

6
Jadwal KegiatanDiniyah

7
Jadwal Pelajaran

8
Program Tahunan

9
Jadwal Kegiatan Kepala Diniyah

10
Tata Persuratan dan Kearsipan

11
Dokumen Pendirian Diniyah

12
NotulaRapat

13
Jadwal piket kelas

14
Jadwal piket guru

15
Buku tamu umum

16
Buku tamu dinas

17
Agenda surat masuk

18
Agenda surat keluar

19
Buku ekspedisi

20
File arsip

21
Kalender Pendidikan

22
Administrasi Kepegawaian

23
File pegawai

24
Daftar hadir guru / tatausaha

25
Uraian tugas pegawai

26
Data statistik pegawai

27
Buku pedoman guru

28
Buku penialaian / evaluasi

29
Buku agenda harian

30
Notula rapat guru

31
Administrasi Perlengkapan

32
Daftar seluruh inventaris

33
Daftar inventaris ruangan

34
Administrasi Keuangan


RAPB-DTA
No
Buku administrasi
Ketersediaan
Memiliki
Tidak memiliki
1
Buku Kas Umum

2
Buku Kas Pembantu

3
Kartu Pembayaran

4
Buku Harian Penerimaan DSP Bulanan

5
Buku Harian Penerimaan Infaq Tahunan

6
Buku Penerimaan Honorarium Pegawai

7
Administrasi Perpustakaan

8
Daftar SeluruhBuku

9
Katalog

10
KartuBuku

11
KartuAnggota

12
DaftarPeminjam

13
Daftar Petugas Perpustakaan

14
Daftar Kunjungan

15
Administrasi Murid

16
Buku Induk

17
Buku Leger

18
Daftar Penerimaan Murid Baru

19
Arsip STTB Alumni

20
Arsip Sertifikat Alumni

21
BukuRaport

22
Buku Mutasi

23
Buku Absensi

24
Buku Klaper

25
Papan Absensi Harian Murid

26
Administrasi Ulum dan UA-DTA

27
Buku Kegiatan Diniyah

28
Daftar rata-rata nilai Ujian dan Semester

29
BukuNilai

30
Daftar Hadir Murid

31
Buku data keadaan murid

32
Buku Raport



BAB IV
KESIMPULAN


A.    KESIMPULAN

Kurikulum di DTA Al Hikamus Salafiyyah dilakukan secara berkala dan terus menerus. untuk mengetahui keterlaksanaan kurikulum sesuai dengan dasar, fungsi, dan tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan tuntutan perkembangan yang terjadi dalam masyarakat. Hasil evaluasinya digunakan untiuk menyempurnakan pelaksanaan dan perkembangan kurikulum selanjutnya. Sesuai dengan kebijakan otonomi daerah yang berimplikasi pada kebijakan pengelolaan pendidikan dari yang bersifat sentralistik ke desentralistik maka masing-masing lembaga, termasuk Diniyah  mempunyai tanggung jawab terhadap penyempurnaan pengembangan
Diniyah Takmiliyah Al Hikamus Salafiyyah merupakan salah satu diniyah yang secara program pembelajaran dan pelaksanaan proses mangajarnya serta pengelolaanya telah mengacu pada setandar pengelolaan madrasah yang diharapkan, walaupun masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi. akan tetapi kendala-kendala itu tentu saja akan menjadi pemicu bagi keberadaan madrasah diniyah ini untuk lebih meningkatkan kualitasnya.
Dengan adanya diniyah takmiliyah awaliyah al huda ini, diharapkan dapat menjadi sarana pembentukan generasi islam yang memiliki kualotas keimanan dan ketaqwaan yang handal dan berakhlak mulia sehingga mampu menghadapi tantangan zaman

B.    SARAN-SARAN
1   Melaksanakan kurikulum dengan menegakkan kelima pilar belajar, yaitu :
a. Belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Allah yang maha Esa.
b. Belajar untuk memahami dan menghayati
c.  Belajar uintuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif
d. Belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain
e. Belajar untuk membngun dan menentukan jati diri, melalui proses pembelajaran yang efektif, aktif, kreatif, dan menyenangkan.
2. Peningkatan kualitas mutu pendidikan tidak terlepas dari sarana dan prasarana yang memadai maka dalam hal ini pemerintah sudah saatnya untuk :
a. Memberikan imbalan yang seimbang dengan kondisi tuntutan sebagai penghargaan terhadap keprofesionalannya.
b. Fisik bangunan belum memadai, sehingga belum mencukupi dan sesuai standar.
c.  Media dan alat-alat peraga belum sepenuhnya dipenuhi sesuai kebutuhan kurikulum.
d. Ruang perpustakaan dan buku-bukunya sesuai kebutuhan tingkat diniyah dapat dipenuhi
e. Dukung dan penuhi semua kebutuhan yang mengacu kepada lingkungan yang kondusif, tenaga terpenuhi dan profesional, indah nyaman, tertib, bersih dan sejuk.
Demikian sekilas Paparan kondisi dan Profil Diniyah Al Hikamus Salafiyyah

Dayeuhkolot, 18 Mei 2020
Kepala DTA Al Hikamus salafiyyah

 


DIDI HARIS, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar