BAB I
TUJUAN
PENDIDIKAN DASAR, LATAR BELAKANG,
VISI,
MISI,STRATEGI, TUJUAN
DINIYAH
TAKMILIYAH AWALIAH AL HIKAMUS SALAFIYYAH
1. TUJUAN
PENDIDIKAN DINIYAH TAKMILIYAH AWALIAH
Pendidikan Diniyah Takmiliyah AlHikamus
Salafiyyah bertujuan untuk memberikan bekal kemampuan dasar kepada Para santri
untuk mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga
negara, dan anggota umat manusia serta mempersiapkan para santri untuk mengikuti pendidikan ke jenjang
selanjutnya, upaya-upaya yang dilakukan antara lain :
1.
Memperkuat dasar keimanan dan ketakwaan
2.
Membiasakan untuk berprilaku baik
3.
Memelihara kesehatan jasmani dan rohani
4.
Memberikan kemampuan untuk belajar
5.
Memperkuat kesadaran hidup beragama dan bermasyarakat
6.
Menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam lingkungan hidup
7.
Memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar yang
diperlukan untuk berperan serta dalam kehidupan bermasyarakat.
8.
Mengembangkan perhatian dan pengetahuan tentang hak dan
kewajiban sebagai warga negara Republik Indonesia
9.
Menanamkan rasa ikut bertanggung jawab terhadap kemajuan
bangsa dan negara
10.
Memberi pengetahuan dan keterampilan dasar yang diperlukan
untuk berperan serta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2
LATAR BELAKANG DINIYAH TAKMILIYAH AL
HIKAMUS SALAFIYYAH
Dalam upaya menjawab perkembangan zaman di masa depan,
khususnya di wilayah Desa Sukapura, yang membutuhkan lembaga keagamaan yang
terprogram baik, maka Yayasan Al-Hikamus Salafiyyah yang didirikan oleh
almarhum KH. Drs. H.ER Busjairi Ibrohim mencoba meluaskan lahan dakwahnya
dengan mendirikan Madrasah Al-Hikamus Salafiyyah saat itu. Selanjutnya
keberadaan madrasah ini
dikuatkan dengan diterbitkannya surat izin operasional dari Departemen Agama
pada tanggal 18 juli 2007 dengan nomor SK Kd.10.01/55/PP.008/029/2005 dan nomor
piagam pengesahan : D.Mi-10/MDA/076/2005 dengan nomor statistik Madrasah (NSM)
: 4123206241891. Seiring perkembangan waktu nomor
statistik Diniyah di perbaharui kembali oleh Kemenag bagian Pekapontren dengan
nomor statistik yang baru yaitu : 311.2.32.04.272.
Santri DTA Al-Hikamus Salafiyyah adalah para santri
Lulusan dari TK/RA baik dari Yayasan Al-Hikamus Salafiyyah sendiri, maupun
TK/RA lainnya. Adapun
materi pelajaran yang diberikan merupakan kurikulum yang diberikan oleh
Kementrian Agama ditambah dengan materi Muatan Lokal dari Yayasan, yaitu :
1. Al-Quran
2. Al-hadits,
3. Fiqih
4. Aqidah
5. Akhlak,
6. Sejarah Kebudayaan
Islam,
7. Bahasa Arab,
8. Tajwid
9. Tahfiz juz 30,
10. BTQ
11. Kitab Kuning
Disamping itu para santri juga diwajibkan
mengikuti extra kurikuler sesuai dengan bakatnya yakni : Khitobah (Bahasa
Inggris,Bahasa Arab,Bahasa Indonesia), kaligrafi. Serta seni islami (marawis)
Dalam perkembangannya, jumlah santri DTA
Al-Hikamus
Salafiyyah selalu mengalami
pasang surut. Pada tiap semester ada saja santri yang mengundurkan diri dengan
berbagai alasan. Karena sekolah (adanya les / pemadatan pelajaran khususnya
bagi mereka yang kelas 6 SD), terlalu letih, dan lain sebagainya. Sebenarnya
hal ini tak perlu terjadi, seandainya ada kerjasama dan dukungan dari pemerintah,orang
tua, terhadap anak - anak mereka dengan menekankan pentingnya pendidikan agama
bagi kehidupan mereka kelak.
Diakui atau tidak, perkembangan zaman
yang terjadi sekarang ini telah membuat anak-anak pada masa kini telah semakin
meninggalkan pendidikan agama dalam kehidupan sehari - harinya. Namun ditengah
berbagai kesulitan yang ada, kami tak pernah berhenti berharap bahwa keberadaan
DTA Al-Hikamus Salafiyyah mampu
memberikan warna tersendiri dalam kehidupan masyarakat, dimulai dari yang
terkecil, memberikan pendidikan akhlak kepada para santri, dan melatih jiwa
kepemimpinan mereka.
Demikianlah Profil tentang DTA Al-Hikamus
Salafiyyah, semoga dari
paparan singkat ini senantiasa menjadi motivasi bagi pengurus Yayasan Al
Hikamus Salafiyah untuk senantiasa memperjuangkan nilai-nilai pendidikan ajaran
agama islam
Lembaga pendidikan Al Hikamus Salafiyyah senantiasa
menebar rasa optimis, dan terus berbenah mengevaluasi program yang diterapkan
secara berkesinambungan, dengan berusaha meningkatkan pelayanan terhadap
peserta didik untuk meningkatkan kualitas lulusan yang senantiasa menjunjung
tinggi dan berpegang teguh pada nilai-nilai akhlaqul karimah
Lembaga pendidikan Al Hikamus Salafiyyah
berupayamengantarkan generasi mudamenuju masa depandengan berbekal IPTEK dan
IMTAQ sehingga santri lebih siap menghadapi tantangan zaman yang semakin
kompleks ini menuju kehidupan masyarakat yang baldatun thayyibah wa rabbun
ghafur, insya-Allah.
3
VISI DINIYAH TAKMILIYAH AL HIKAMUS
SALAFIYYAH
Menjadikan DTA Al Hikamus Salafiyyah
sebagai tempat Tafaquh Fid-Din dan Publik Servis yang mengedepankan pencitraan
ajaran agama Islam yang Rohmatan Lil ‘Alamin serta meningkatkan Sumber Daya
Manusia yang Bertaqwa Cerdas, Kreatif, Inofatif sebagai kader Islam.
4
MISI DINIYAH TAKMILIYAH AL HIKAMUS
SALAFIYYAH
Ikut serta menyelenggarakan pendidikan
pengembangan dan pengajaran agama Islam guna membentuk kepribadian seorang
muslim sebagai kader Islam yang utuh, berwawasan luas yang memadukan antara
ilmu pengetahuan, dan amal sebagai wujud nilai-nilai ajaran agama islam yang
Rohmatan Lil ‘Alamin
5 STRATEGI DINIYAH
TAKMILIYAH AL HIKAMUS SALAFIYYAH
1.
Memberikan pelayanan prima kepada peserta didik
2. Menciptakan iklim sekolah yang kondusif
untuk mendorong terwujudnya proses pembelajaran aktif, kreatif, efektif,
menyenangkan dan produktif.
3. Meningkatkan mutu profesionalisme
tenaga kependidikan secara berkesinambungan
4. Meningkatkan hubungan kerja sama yang
harmonis dengan masyarakat, orang tua, dan para stakeholder.
6 TUJUAN DINIYAH
TAKMILIYAH AL HIKAMUS SALAFIYYAH
1. Membentuk peserta didik yang beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
berperilaku dan berakhlak mulia.
2. Diniyyah Takmiliyah Al Hikamus
Salafiyyah mempersiapkan generasi Muslim yang kaffah, berahlaqul karimah, cakap
dan terampil, percaya diri dan berguna bagi nusa bangsa dan agama.
3. Memberikan bekal kemampuan dasar agama
islam kepada siswa untuk mengembangakn kehidupan sebagai pribadi muslim yang
beriman, bertaqwa dan beramal sholih serta berahlaq mulia.
4. Membina santri agar memiliki
pengalaman, pengetahuan, ketrampilan beribadah dan sikap terpuji yang berguna
untuk pengembangan pribadinya.
5. Memiliki pengetahuan dasar tentang
gramatika bahasa Arab sebagai alat untuk memahami ajaran agama islam.
7.
MOTTO DINIYAH TAKMILIYAH AL HIKAMUS
SALAFIYYAH
1.
Motto Umum:
AI-Quran
dan al hadits Inspirasi Kemajuan umat.
2.
Motto Khusus :
Man
jadda wa jada.(Barang siapa yang sungguh-sungguh akan menui hasil)
BAB II
MUATAN KURIKULUM DINIYAH L HIKAMUS
SALAFIYAH
A. MUATAN KURIKULUM
Muatan kurikulum Diniyah Takmiliyah meliputi
7 mata pelajaran utama, 3 muatan lokal dan 2 kegiatan pengembangan diri yang
luas dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta dan termasuk ke
dalam isi kurikulum yang dibelajarkan.
1.
Mata Pelajaran
Terdiri
dari 7 mata pelajaran, yaitu :
1. Aqidah
2. Akhlak
3. Fiqih
4. Al Quran
5. Hadits
6. Bahasa Arab
7. Sejarah Kebudayaan Islam
2.
Muatan Lokal
Terdiri
atas :
1. Khot/Imla
2. BTQ
3. Kitab Kuning
4.
Pengembangan diri
1. Pidato/khitobah
2. Seni Islami (marawis)
3. Kaligrafi
1. Pembentukan
karakter melalui pembiasaan dalam kegiatan :
a. Rutin
1. Sholat Ashar, berjamaah
2. Menyimak dan membaca bacaan pendek dalam
Al-qur’an sebelum dimulai pelajaran
3. Berdoa sebelum dan sesudah belajar
4. Membaca buku perpustakaan, di madrasah
atau di rumah
5. Komunikasi menggunakan bahasa sundadan
bahasa arab bagi kelas 5 dan 6
6. Menghapal Hadits Pendek
7. Operasi kebersihan badan, pakaian,
lingkungan.
8. Membersihkan kelas dan halaman sekolah
sebelum dan sesudah belajar
b. Terprogram
1. Kegiatan keagamaan (Pesantren Kilat
Ramadhan)
2. Pekan kreatifitas dan olahraga
(PORSADIN)
3. Karyawisata,darmawisata, dan studi tour
c. Spontan
1.
Memberi salam
2.
Membuang sampah pada tempatnya
3.
Menengok dan membantu teman yang terkena musibah
4.
Berdiskusi dengan baik dan benar
5.
Tertib di dalam kelas
d. Teladan
1.
Berpakaian rapih dan bersih
2.
Tepat waktu dalam segala hal
3.
Penampilan sederhana
4.
Tidak merokok di lingkungan sekolah
BAB III
ANALISIS SWOT
TENTANG KEBERADAAN
DINIYAH TAKMILIYAH
AWALIYAH AL HIKAMUS SALAFIYYAH
Kelebihan Diniyah
Takmiliyah Al Hikamus Salafiyyah (Strenght)
§
Memiliki
warga belajar Pendidikan Anak Usia Dini (Kelompok Bermain)
§
Terjangkau
alat transportasi
§
Pengadministrasian
sudah berjalan baik
§
Adanya
dukungan dari orang tua siswa secara penuh
§
Adanya
dukungan dari masyarakat secara berkesinambungan
Kelemahan Diniyah
Takmiliyah Al Hikamus Salafiyyah (Weaknes)
§
Masih
kurangnya animo masyarakat tentang pentingnya pendidikan keagamaan bagi
putra-putrinya
§
Sarana
prasarana pendukung masih minim dan terbatas
§
Tenaga
asatidz belum profesional serta masih bersifat relawan sehingga mutu pendidikan
Diniyah masih perlu dikaji ulang untuk perbaikan di masa mendatang,serta belum
dapat nya Diniyah memberi tunjangan guru yang layak,sehingga diakui bahwa
Diniyah belum mampu menerima balas karya para asatidz secara memadai
Peluang Diniyah
Takmiliyah Al Hikamus Salafiyyah (Opportunity)
§
Adanya
kepedulian alumni dan masyarakat untuk terlibat langsung memajukan madrasah
§
Adanya
kesamaan cita-cita antara komite dan pengelola madrasah
§
Menggali
potensi yang ada pada diri santri
Tantangan Diniyah
Takmiliyah Al Hikamus Salafiyyah (Threat)
§ Mensosialisasikan
keberadaan madrasah diniyah secara lebih luas ke masyarakat
§
Mengoptimalkan
berbagai sarana pendukung yang ada
§
Waktu
yang digunakan belajar terlalu singkat
Inovasi Diniyah
Takmiliyah Al Hikamus Salafiyyah
Untuk
mengoptimalkan madrasah diniyah, maka komite bersama pengelola madrasah diniyah
berencana untuk melakukan beberapa inovasi :
§
Menambah
program untuk madrasah diniyah
§
mengadakan
study banding dengan diniyah yang telah maju
§ Menambah
pengetahuan Ustadz/ah dengan mengikuti pembinaan,pelatihan,seminar,workshop
yang dilaksanakan oleh FKDT tingkat kecamatan Dayeuhkolot
§
Menambah
sarana dan prasarana yang diperlukan antara lain :
§
Pengadaan
mebeler meja siswa
§
Pengadaan
ruang Guru
§
Pengadaan
Ruang Perpustakaan
§
Penambahan
buku-buku perpustakaan
§
Menjalin
kerjasama dengan instansi terkait yang mempunyai kepedulian terhadap pendidikan
agama islam,
§
Mensosialisasikan
Madrasah Diniyah secara lebih luas
Prestasi
Sampai
saat ini, Madrasah Diniyah Takmiliyah Al Hikamus Salafiyyah belum meraih
kejuaraan dalam bidang apapun karena jarangnya mengikuti lomba-lomba yang diselenggarakan,
baik di tingkat FKDT kecamatan Dayeuhkolot maupun di festival-festival lainnya.
BAB IV
IDENTITAS MADRASAH
1.
Nama Diniyah Takmiliyah :
Al Hikamus Salafiyyah
2.
Madrasah ULA/WUSTHO/ULYA* :
Madrasah ULA dan Wustho
3.
Alamat Madrasah :
Jl. Adhyaksa 1 No 4 RT 1 RW 5 Desa
Sukapura Kec. Dayeuhkolot
4.
Madrasah Didirikan PadaTgl, Bln, Thn : 18 Juli 1989
5.
Pendiri Madrasah :
Ketua Yayasan Al Hikamus Salafiyyah
(Alm KH.Drs Busjairi Ibrohim)
6.
Kalender yang digunakan :
Masehi
7.
Kurikulum yang digunakan : Kurikulum Kemenag
8.
WaktuBelajar :
siang dan sore hari
9.
Jumlah Ruang Belajar :
4 lokal
10. Jumlah Rombongan Belajar : 7 rombel
11. Luas masing-masing ruang belajar : ( 6 x 5 ) m²
12. Status tanah : Wakaf
13. Luas tanah : 171m²
14. Sarana dan prasarana yang ada :
·
MejaMurid : 8
Meja
·
Kursi/bangku murid
: 0 buah
·
Meja Guru : 2 buah
·
Kursi Guru : 2 buah
·
PapanTulis : 4 buah
·
Lemari : 3 buah
ADMINISTRASI YANG DIMILIKI
No
|
Buku
administrasi
|
Ketersediaan
|
|
Memiliki
|
Tidak
Memiliki
|
||
1
|
Program Pengajaran
|
√
|
|
2
|
Program KerjaDiniyah
|
√
|
|
3
|
Struktur Diniyah
|
√
|
|
4
|
Kurikulum
|
√
|
|
5
|
KalenderPendidikan
|
√
|
|
6
|
Jadwal KegiatanDiniyah
|
|
√
|
7
|
Jadwal Pelajaran
|
√
|
|
8
|
Program Tahunan
|
√
|
|
9
|
Jadwal Kegiatan Kepala Diniyah
|
|
√
|
10
|
Tata Persuratan dan Kearsipan
|
√
|
|
11
|
Dokumen Pendirian Diniyah
|
|
√
|
12
|
NotulaRapat
|
√
|
|
13
|
Jadwal piket kelas
|
√
|
|
14
|
Jadwal piket guru
|
√
|
|
15
|
Buku tamu umum
|
√
|
|
16
|
Buku tamu dinas
|
√
|
|
17
|
Agenda surat masuk
|
√
|
|
18
|
Agenda surat keluar
|
√
|
|
19
|
Buku ekspedisi
|
√
|
|
20
|
File arsip
|
√
|
|
21
|
Kalender Pendidikan
|
√
|
|
22
|
Administrasi Kepegawaian
|
√
|
|
23
|
File pegawai
|
√
|
|
24
|
Daftar hadir guru / tatausaha
|
√
|
|
25
|
Uraian tugas pegawai
|
√
|
|
26
|
Data statistik pegawai
|
|
√
|
27
|
Buku pedoman guru
|
|
√
|
28
|
Buku penialaian / evaluasi
|
√
|
|
29
|
Buku agenda harian
|
|
√
|
30
|
Notula rapat guru
|
√
|
|
31
|
Administrasi Perlengkapan
|
|
√
|
32
|
Daftar seluruh inventaris
|
|
√
|
33
|
Daftar inventaris ruangan
|
|
√
|
34
|
Administrasi Keuangan
|
√
|
|
RAPB-DTA
No
|
Buku
administrasi
|
Ketersediaan
|
|
Memiliki
|
Tidak
memiliki
|
||
1
|
Buku Kas
Umum
|
|
√
|
2
|
Buku Kas Pembantu
|
|
√
|
3
|
Kartu Pembayaran
|
√
|
|
4
|
Buku Harian Penerimaan DSP Bulanan
|
|
√
|
5
|
Buku Harian Penerimaan Infaq Tahunan
|
√
|
|
6
|
Buku Penerimaan Honorarium Pegawai
|
√
|
|
7
|
Administrasi Perpustakaan
|
|
√
|
8
|
Daftar SeluruhBuku
|
|
√
|
9
|
Katalog
|
|
√
|
10
|
KartuBuku
|
|
√
|
11
|
KartuAnggota
|
|
√
|
12
|
DaftarPeminjam
|
|
√
|
13
|
Daftar Petugas Perpustakaan
|
|
√
|
14
|
Daftar Kunjungan
|
|
√
|
15
|
Administrasi Murid
|
√
|
|
16
|
Buku Induk
|
√
|
|
17
|
Buku Leger
|
√
|
|
18
|
Daftar Penerimaan Murid Baru
|
√
|
|
19
|
Arsip STTB Alumni
|
√
|
|
20
|
Arsip Sertifikat Alumni
|
|
√
|
21
|
BukuRaport
|
√
|
|
22
|
Buku Mutasi
|
√
|
|
23
|
Buku Absensi
|
√
|
|
24
|
Buku Klaper
|
|
√
|
25
|
Papan Absensi Harian Murid
|
|
√
|
26
|
Administrasi Ulum dan UA-DTA
|
√
|
|
27
|
Buku Kegiatan Diniyah
|
|
√
|
28
|
Daftar rata-rata nilai Ujian dan Semester
|
√
|
|
29
|
BukuNilai
|
√
|
|
30
|
Daftar Hadir Murid
|
√
|
|
31
|
Buku data keadaan murid
|
√
|
|
32
|
Buku Raport
|
√
|
|
BAB
IV
KESIMPULAN
A.
KESIMPULAN
Kurikulum
di DTA Al Hikamus Salafiyyah dilakukan secara berkala dan terus menerus. untuk
mengetahui keterlaksanaan kurikulum sesuai dengan dasar, fungsi, dan tujuan
pendidikan nasional serta kesesuaian dengan tuntutan perkembangan yang terjadi
dalam masyarakat. Hasil evaluasinya digunakan untiuk menyempurnakan pelaksanaan
dan perkembangan kurikulum selanjutnya. Sesuai dengan kebijakan otonomi daerah
yang berimplikasi pada kebijakan pengelolaan pendidikan dari yang bersifat
sentralistik ke desentralistik maka masing-masing lembaga, termasuk Diniyah mempunyai tanggung jawab terhadap
penyempurnaan pengembangan
Diniyah Takmiliyah Al Hikamus Salafiyyah merupakan salah
satu diniyah yang secara program pembelajaran dan pelaksanaan proses
mangajarnya serta pengelolaanya telah mengacu pada setandar pengelolaan
madrasah yang diharapkan, walaupun masih terdapat beberapa kendala yang
dihadapi. akan tetapi kendala-kendala itu tentu saja akan menjadi pemicu bagi
keberadaan madrasah diniyah ini untuk lebih meningkatkan kualitasnya.
Dengan adanya diniyah takmiliyah
awaliyah al huda ini, diharapkan dapat menjadi sarana pembentukan generasi
islam yang memiliki kualotas keimanan dan ketaqwaan yang handal dan berakhlak
mulia sehingga mampu menghadapi tantangan zaman
B. SARAN-SARAN
1 Melaksanakan kurikulum dengan
menegakkan kelima pilar belajar, yaitu :
a. Belajar untuk beriman dan bertaqwa
kepada Allah yang maha Esa.
b. Belajar untuk memahami dan menghayati
c. Belajar uintuk mampu melaksanakan dan
berbuat secara efektif
d. Belajar untuk hidup bersama dan berguna
bagi orang lain
e. Belajar untuk membngun dan menentukan
jati diri, melalui proses pembelajaran yang efektif, aktif, kreatif, dan
menyenangkan.
2. Peningkatan
kualitas mutu pendidikan tidak terlepas dari sarana dan prasarana yang memadai
maka dalam hal ini pemerintah sudah saatnya untuk :
a. Memberikan imbalan yang seimbang dengan
kondisi tuntutan sebagai penghargaan terhadap keprofesionalannya.
b. Fisik bangunan belum memadai, sehingga
belum mencukupi dan sesuai standar.
c. Media dan alat-alat peraga belum
sepenuhnya dipenuhi sesuai kebutuhan kurikulum.
d. Ruang perpustakaan dan buku-bukunya
sesuai kebutuhan tingkat diniyah dapat dipenuhi
e. Dukung dan penuhi semua kebutuhan yang
mengacu kepada lingkungan yang kondusif, tenaga terpenuhi dan profesional,
indah nyaman, tertib, bersih dan sejuk.
Demikian
sekilas Paparan kondisi dan Profil Diniyah Al Hikamus Salafiyyah
Dayeuhkolot,
18 Mei 2020
Kepala
DTA Al Hikamus salafiyyah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar