Selasa, 12 Mei 2020

Fiqhul Ibadah


BAB I
PENJELASAN TENTANG WUDLU

Wudhu’ Secara bahasa adalah membaguskan
Adapun secara istilah adalah suatu perbuatan menggunakan air pada anggota-anggota tertentu.
Dari segi syara‘, wudhu’ bermaksud membersihkan sesuatu yang tertentu dengan beberapa perbuatan yang tertentu.

A.   Fardlu wudlu ada 6
1.         Niat
2.         Membasuh muka
3.         Membasuh tangan sampai siku
4.         Mengusap sebagian rambut kapala
5.         Membasuh kaki sampai mata kaki
6.         Tertib ( berurutan)

B  Syarat – Syarat Wudlu

1.         Islam
2.         Tidak berhadas besar
3.         Dengan air suci dan mensucikan( mutlak )
4.         Tamyiz yakni dapat membedakanbaik buruknya suatu pekerjaan
5.         Mengetahui mana yang wajib dan mana yang sunah (Mengetahui kefardhuan wudhu’.)
6.         Tidak ada sesuatu yang menghalangi air sampai ke anggota wudlu,seperti cat,getah,lem dll
7.         Tidak terdapat perkara-perkara yang membatalkan wudhu’ seperti darah haidh, nifas, air kencing dan seumpamanya.
8.         Masuk waktu sembahyang bagi orang yang berterusan dalam keadaan hadath seperti orang yang menghidap penyakit beser
9.         Tidak menganggap amalan fardhu di dalam wudhu’ sebagai amalan sunat.
10.     Muwalat, yaitu berurutan.
CSunah-sunah Wudlu
1.         membaca basmalah
2.         membasuh kedua telapak tangan
3.         berkumur-kumur
4.         membasuh lobang hidung / menghisap air lewat hidung
5.         mengusap seluruh kepala
6.         mendahulukan anggota yang kanan
7.         membasuh telinga
8.         Mengulang  tiga kali setiap basuhan
9.         Membasuh sela-sela jari tangan dan kaki
10.      Membaca do’a sesudah wudlu

D.   Hal- hal yang membatalkan Wudlu
1.    Bersentuhan kulit antara laki-laki dan perempuan yang bukan muhrimnya
2.    Tersentuh kemaluan ( kubul dan dubur ) dengan telapak tangan
3.    Mengeluarkan sesuatu dari kubul dan dubur seperti air kencing,buang angin dll
4.    Hilang akal sebab gila, pingsan, ayan,mabuk dan tidur nyeyak.

E.  Niat Wudlu

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِّلَّهِ تَعَالَى
Nawaitul Wudlu’a lirof’il hadatsil ashghori fardlo lillahi ta’aalaa.

F. Do’a Susudah Wudhlu

اَشْهَدُ اَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ . اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلنِى مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ
“ Asyhadu alla illaha illalloh wahdahu laa syariikalahu, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhuu warasuuluh. Allahummaj’alnii minattawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriin. “
PANGGILAN SHOLAT

ADZAN
Adzan secara bahasa berarti pemberitahuan.
Secara Hukum syara‘ adzan adalah: gabungan perkataan sebagai pemberitahuan tentang masuknya waktu sholat dengan lafaz-lafaz tertentu.
Lafadz Adzan yaitu:
اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ ×2
اَشْهَدُ اَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ ×2
وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ ×2 
حَيَّ عَلَي الصَّلاَةِ ×2
حَيَّ عَلَي الْفَلاَحِ ×2.
اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ .
لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ .
Allaahu akbar Allaahu akbar  2X
Asyhadu alla illaaha illalloh. 2X
Asyhadu anna Muhammadar rosuuluullooh 2X
Hayya ‘alash sholaah 2X
Hayya ‘alal falaah 2X
Alloohu akbar Alloohu akbar
Laa illaaha illallooh.

Do’a setelah adzan dan iqomah:
اَللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ. آتِ سَيِّدَ نَا مُحَمَّدَ نِالْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالدَّرَجَةَ الرَّفِيْعَةَ , وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَّحْمُوْدَا نِ الَّذِى وَعَدْتَهُ اِنَّكَلاَتُحْلِفُ الْمِيْعَادَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ .
Alloohumma Robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo’imah aati sayyidinaa Muhammadanil wasiilaata wal fadliilah, wad darojatar rofii’ah, wab-atshu maqoomam mahmuudanilladzii wa’adtah. Innaka laa tukhliful mii’aad. Washollalloohu ‘alaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi washohbihi wasallam.

IQOMAH
Iqamah adalah ucapan tertentu untuk membangkitkan para hadirin mengerjakan sholat. Dengan kata lain iqomat adalah pemberitahuan bahwa sholat akan segera dimulai.
Bacaan Iqomah :

اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ اَشْهَدُ اَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ . اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ حَيَّ عَلَي الصَّلاَةِحَيَّ عَلَي الْفَلاَحِ.قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةِ 2x. اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ . لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ
Allaahu akbar Allaahu akbar.
Asyhadu alla illaaha illalloh.
Asyhadu anna Muhammadar rosuuluullooh
Hayya ‘alash sholaah
Hayya ‘alal falaah
Qod qoomatis shoolah 2 x
Alloohu akbar Alloohu akbar
Laa illaaha illallooh.

Jawaban Adzan dan Iqomat

اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ       : اَقَامَهَا اللهُ وَاَدَامَهَاوَمِنْ صَالِحِ اَهْلِهَا
اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ : مَرْحَبًا بِالْقَائِلِيْنَ عَدْلاً . مَرْحَبًا بِالصَّلوةِ وَعَدْلاً
اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًارَّسُوْلُ اللهِ         : مَرْحَبًا بِذِكْرِ اللهِ تَعَالى قُرَّةَ اَعْيُنِنَا بِكَ يَارَسُوْلُ اللهِ
حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ       : لاَحَوْلاَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ        : لاَحَوْلاَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
الصَّلاَةُ خَيْرٌ مِّنَ النَّوْمِ   : صَدَقْتَ وَبَرَرْتَ يَارَسُوْلُ اللهِ
Allaahu akbar Allaahu akbar. : Aqomahawloohu wa adaanahaa min shoolihi ahliha
Asyhadu alla illaaha illalloh. :marhaban bil qooiliin adlan, marhaban bis shoolaati wa adlan
Asyhadu anna Muhammadar rosuuluullooh: marhaban bidzikrillahi taala qurrota a’yunina bika ya rosulolloh
Hayya ‘alash sholaah: laa haula wala quwwata illa billahil aliyyil adhiim
Hayya ‘alal falaah : laa haula wala quwwata illa billahil aliyyil adhiim
Assholatu Khoerum minan naum : shodaqta wa barorta ya rosululloh
BAB III

Shalatsecara bahasa adalah doa
Sedang secara istilahadalah Ibadah yang dimulai dengan takbiratul ihrom dan diakhiri dengan salam dengan sarat dan rukun tertentu.

1. Syarat Wajib Shalat
§  Islam 
§  Berakal sehat,
§  Baligh
§  Suci dari haid dan nifas
§  Telah sampai dakwah tentang sholat

2.Syarat Sah Shalat
§  Suci dari hadats kecil dan besar
§  Suci badan pakaian dan tempat
§  Menutup aurat
§  Mengetahui waktu shalat / telah masuk waktu shalat.
§  Menghadap kiblat

3.Rukun Shalat
§  Niat
§  Takbiratul Ihram
§  berdiri bagi yang kuasa
§  membaca surat Al Fatihah
§  Rukuk dengan thuma’ninah
§  I’tidal dengan thuma’ninah
§  Sujud dengan thuma’ninah
§  Duduk diantara sujud dengan  thuma’ninah
§  Duduk tasyahud akhir
§  Membaca tasyahud akhir
§  Membaca shalawat Nabi pada  tasyahud akhir
§  Membaca salam yang pertama
§  Tertib (berurutan )
4. Yang Membatalkan Shalat
a.         Kedatangan hadast kecil atau besar. 
b.         Kedatangan/kejatuhan najis  yang  tiada  dimaaf, melainkan jika najis yang  kering dan segera dijatuhkan dengan tiada memegang atau  memikulnya  dan  tiada ada bekas-bekasnya ditempat kenanya itu 
c.         Terbuka aurat jika tidak segera ditutup. 
d.         Dengan sengaja menyebut dua huruf sekalipun tidak ada artinya atau satu  huruf yang ada memiliki arti. 
e.         Sengaja makan atau minum sekalipun sedikit atau banyak,sekalipun karena lupa. 
f.          Bergerak tiga kali berturut-turut sekalipun karena lupa. 
g.         Menambah satu rukun fi’li dengan sengaja. 
h.         Mendahulukan gerakan Imam dengan dua rukun fi’li atau ketinggalan daripadanya dengan dua rukun fi’li dengan tiada uzur (sebab). 
i.           Niat di dalam hati untuk membatalkan  shalat atau menggantungkan niat itu dengan sesuatu barang (keadaan) atau pergi datang fikiran   untuk  membatalkannya itu.

A.   Sunnah di dalam Shalat,  yaitu:
1.    Sunnah mengangkat kedua tangan pada; takbiratul ihram, ketika hendak ruku, bangun daripada ruku’ dan bangun daripada tasyahud awal.
2.    Sunnah membaca do’a istiftah setelah takbiratul ihram.
3.    Sunnah membaca اَعُوْذُبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِsebelum membaca Al-Fatihah.
4.    Sunnah membaca آمِيْنْ setelah membaca Al-Fatihah.
5.    Sunnah membaca surah pada dua raka’at Shalat Subuh dan dua raka’at pada shalat-shalat yang lain.
6.    Sunah membaca dengan jahir (keras) bagi munfarid (shalat sendiri) dan bagi imam pada dua raka’at Shalat Shubuh, Shalat Jum’at, Shalat Idhul Fitri & Idul Adha, dan dua raka’at pada permulaan Shalat Maghrib dan Isya.
7.    Sunnah mengucapkan takbir intiqal yakni mengucapkan اَللهُاَكْبَرُketika berpindah daripada suatu rukun kepada rukun yang lain, melainkan ketika bangun dari ruku’ maka sunnah mengucapkan سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ..
8.    Sunnah membaca tasbih pada saat ruku’ dan sujud sebanyak tiga kali.
9.    Sunnah membaca do’a I’tidal.
10. Sunnah membaca do’a qunut setelah do’a I’tidal pada Shalat Subuh.
11. Sunnah membaca do’a antara dua sujud.
12. Sunnah membaca do’a setelah tasyahud akhir.
13. Sunnah meletakkan kedua tangan dibawah dan diatas pusar ketika sedang berdiri Shalat.
14. Sunnah memandang kepada tempat sujud.
15. Sunnah meletakkan kedua tangan di atas lutut ketika duduk tasyahud, dan sunnah memegang seluruh jari-jari tangan kanannya kecuali telunjuknya maka dilepaskannya dan diangkatnya ketika mengucapkan اِلاَّ اللهُ.
16. Sunnah berpaling muka ke kanan pada salam yang pertama dan berpaling ke kiri pada salam yang kedua.

5. Sunah-sunah dalam Shalat
Sunah shalat dibagi 2 yaitu sunah hai’atdansunah ab’ad
A. Sunah Hai’at adalah amalan yang lebih utama untuk dikerjakan untuk kesempurnaan shalat dan jika lupa tidak dikerjakan, tidak perlu diganti dengan sujud sahwi.
Diantara sunah hai’at :
§  Mengangkat kedua tangan waktu takbiratul ihram
§  Meletakkan telapak tangan kanan diatas pergelangan tangan kiri ketika bersedekap
§  Membaca do’a iftitah
§  Membaca ta’awud
§  Membaca amin setelah membaca fatihah
§  Membaca surat / ayat Al qur’an setelah AL Fatihah
§  Mengeraskan bacaan fatihah dan surat Al qur’an pada rokaat pertama dan kedua pada shalat Maghrib , Isya’ dan Subuh, kecuali makmum
§  Membaca takbir ( Allohu akbar ) setiap pindah rukun
§  Membaca tasbih ketika rukuk dan sujud
§  Membaca sami’ Allahuliman hamidah waktu I’tidal
§  Duduk iftirasy (waktu tahiyyat awal)
§  Duduk Tawarruk (waktu Tahiyyat akhir)
§  Membaca salam yang kedua
§  Memalingkan muka kekanan dan kekiri saat mengucapkan salam

B. Sunah Ab’ad adalah sunah – sunah dalam shalat yang jika lupa tidak dikerjakan harus diganti dengan sujud sahwi ( sujud karena lupa ), diantara sunah Ab’ad adalah :
§  Tidak membaca Tasyahud Awwal 
§  Tidak Duduk dalam membaca Tasyahud Awwal 
§  Tidak membaca Shalawat atas Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi  Wasallam di Tasyahud Awwal 
§  Tidak Membaca Shalawat atas Keluarga Nabi Muhammad Sallallahu  Alaihi Wasallam di Tasyahud Akhir  
§  Tidak membaca do’a qunut pada Shalat Shubuh 
§  Tidak membaca Shalawat dan Taslim atas Nabi dan atas keluarganya dan  sahabatnya di dalam do’a qunut. 
§  Tidak berdiri pada saat membaca do’a qunut.

Pekerjaan yang Makruh di dalam Shalat

Perihal pekerjaan yang makruh (dibenci Allah) di dalam shalat yaitu:
1.         Menengok ke atas atau ke kanan atau kiri. 
2.         Menyimpulkanrambut atau kain atau baju dengan tiada hajat  (maksud/sebab)
3.         Bershalat  dengan  menahan  hadast  (menahan buang air kecil/besar atau  angin)
4.         Berdiri dengan  sebelah kaki atau memajukan  salah  satu kakinya dengan 
tiada uzur (sebab)
5.         Bersender pada sesuatu barang yang sekiranya dilakukannya niscaya  jatuh olehnya.
6.         Bertolak pinggang.
7.         Jahir  di  dalam  Shalat  Sir  (bersuara keras pada  shalat Zuhur  dan Ashar) 
dan  Sir  ditempat yang jahir   (bersuara pelan  di  Shalat  Shubuh, Maghrib 
dan Isya’). 
8.         Membarengkan gerakan Imam di dalam ruku’, sujud atau lainnya.

SOLAT NAFILAH/SUNAH

Sholat Nafilah ialah solat tambahan dari apa yang difardhukan oleh Allah subhanahu wata‘ala.

Sholat sunat terbahagi kepada dua bentuk yaitu:
1.    Sholat  yang dilakukan secara tidak berjama‘ah (sendiri-sendiri)
2.    Sholat  yang dilakukan secara berjama‘ah.

Sholat  yang dilakukan secara tidak berjama‘ah (sendiri-sendiri) terbagi dua
1.    Sholat sunat yang mengiringi sholat fardhu
2.    Sholat sunat yang tidak mengiringi sholat fardhu

Sholat sunat yang mengiringi sholat fardhu terbagi dua:
1.    Sunnah yang Mu’akkad (yang dianjurkan), jumlahnya ada 10 (sepuluh) raka’at, yaitu:
a.    Dua raka’at sebelum (qabliyah) shalat Shubuh.
b.    Dua raka’at sebelum (qabliyah) shalat Zhuhur atau Jum’at
c.    Dua raka’at setelah (ba’diyah) shalat Zhuhur atau  Jum’at.
d.    Dua raka’at setelah (ba’diyah) shalat Maghrib.
e.    Dua raka’at setelah (ba’diyah) shalat Isya’.

2.    Sunnah yang bukan Mu’akkad (bukan yang dianjurkan), jumlahnya ada 12 (duabelas) raka’at, yaitu:
a.    Dua raka’at ditambahkan sebelum shalat Zhuhur atau Jum’at.
b.    Dua raka’at ditambahkan setelah shalat Zhuhur atau Jum’at.
c.    Empat raka’at sebelum shalat Ashar.
d.    Dua raka’at sebelum shalat Maghrib.
e.    Dua raka’at sebelum shalat Isya’.

Sholat sunat yang tidak mengiringi sembahyang fardhu dibagi  dua bagian yaitu:

a)    Sholat sunat yang tiada nama dan waktu tertentu yang lebih dikenali sebagai sembahyang sunat mutlaq, dilakukan pada waktu kapan saja kecuali pada waktu yang dilarang melakukan kegiatan sholat. Sholat mutlaq dilakukan dengan dua raka‘at pada setiap salam

b)    Sholat sunat yang ada nama dan waktu tertentu, diantaranya:
1.    Sholat sunat tahiyyatul masjid, yaitu sembahyang dua raka‘at sebelum duduk setiap kali masuk masjid.
2.    Sholat sunat witir.
Adapun waktunya adalah dari sehabis shalat Isya’ hingga Fajar. Yang paling afdhal ialah dilewatkan sehingga ke akhir sembahyang malam. Sekurang-kurang witir ialah satu raka‘at, tetapi makruh jika hanya melakukan dengan bilangan tersebut dan sekurang-kurang bilangan raka‘at yang sempurna ialah tiga raka‘at. Didirikan dua raka‘at kemudian satu raka‘at. Jumlah yang paling sempurna ialah sebelas raka‘at.
3.    Qiyamullail.dinamakan juga dengan tahajjud jika dilakukan selepas tidur. Qiyamullail merupakan sunat yang tidak mempunyai bilangan raka‘at yang tertentu. dilaklsanakan selepas bangun tidur dan sebelum adzan Subuh.
4.    Sholat sunat dhuha. Sekurang-kurang sembahyang sunat dhuha ialah dua raka‘at dan yang paling banyak dan sempurna ialah delapan raka‘at.  lebih afdhal jika dipisahkan pada setiap dua raka‘at dengan salam. Waktunya bermula dari naik matahari sehingga tergelincir/ masuknya waktu shalat Zhuhur. dan yang afdhalnya yaitu setelah berlalu satu perempat siang hari.
5.    Sholat sunat istikharah, yaitu sholat dua raka‘at yang didirikan bukan pada waktu yang dimakruhkan. disunatkan siapa yang ingin kepada sesuatu urusan atau ingin melakukan sesuatu perkara yang diharuskan, tetapi tidak mengetahui kebaikan yang ada padanya. Disunatkan membaca doa ma’tshur yang datang daripada Rasulullah selepas selesai sholat..
6.    Sholat Sunnah Wudhu’ (sunnatul wudhu’), yaitu dua raka’at sesudah mengambil Air Wudhu.
7.    Sholat Sunnah Tahiyatul Masjid (menghormati masjid), yaitu dua raka’at jika memasuki masjid.




SHOLAT YANG DISUNATKAN SECARA BERJEMAAH
1.    Sholat Dua Hari Raya
Sholathari raya yaitu hari raya puasa (idul fitri) dan hari raya korban (idul adha)hukumnya sunnah mu’akkadah. dilakukan secara berjama‘ah tetapi tetap sah jika dilakukan secara sendirian. Waktunya dari terbit matahari hingga gelincir matahari. Waktu yang lebih afdhal adalah ketika matahari naik sekadar panjang lembing (tinggi segalah). Sholat hari raya dilakukan dua raka`at. dimulai dengan takbiratul ihram kemudian membaca doa iftitah, kemudian bertakbir sebanyak tujuh kali seperti takbiratul ihram. Ketujuh takbir tersebut dipisahkan  satu sama lain sekadar satu ayat yang sederhana dan disunatkan membaca tasbih. Kemudian membaca isti`azah dan membaca al-fatihah serta membaca satu surat atau beberapa ayat. Takbir untuk raka‘at yang kedua sebanyak lima kali.
Selain daripada itu dalam sholat idul fitri dan idul adha disunatkan berkhutbah dengan dua khutbah setelah selesai sholat sama seperti khutbah jumaat, cuma ia dilakukan sesudahsholat.

2.    Sholat Tarawih
Sholat tarawih disyari‘atkan khusus pada bulan Ramadhan dan sunat didirikan secara berjama‘ah serta sah jika didirikan secara individu. Waktunya di antara sembahyang ‘Isya’ dan sembahyang Subuh dan sebelum sembahyang witir. Ia boleh didirikan sebanyak delapan raka‘at dan boleh sebanyak dua puluh raka‘at dengan dilakukan setiap dua raka‘at satu salam.

3.    Sholat Gerhana Matahari dan Bulan
Sunnah melakukan Shalat Kusufil Syamsi, yakni Shalat Gerhana Matahari, dan Shalat Khusufil Qamari, yakni Shalat Gerhana Bulan.
Ke dua sholattersebut dilaksanakan ketika cahaya matahari atau bulan terlindung sama ada sebahagiannya atau kesemuanya. Kebiasaannya, al-kusuf digunakan bagi gerhana bulan. Hukumnya ialah sunnah mu’akkadah. Jika sholat  gerhana matahari, maka bacaan hendaklah diperlahankan, jika gerhana bulan, bacaan hendaklah dinyaring dan dikuatkan.
Sembahyang gerhana mempunyai dua cara:
1)    Dilakukan pada setiap raka‘at dengan dua kali berdiri, dua kali membaca (Al-Fatihah dan ayat) serta dua kali ruku‘ tanpa memanjangkannya (berdiri, membaca dan ruku‘, kemudian berdiri membaca dan ruku‘). Dan sah sembahyang gerhana jika didirikan dua raka‘at dengan dua kali berdiri dan dua kali ruku‘ seperti sembahyang Juma‘at.
2)    Dilakukan pada setiap raka‘at dengan dua kali berdiri. Pada setiap kali berdiri dibaca bacaan yang panjang. Dibaca selepas Al-Fatihah, Surah Al- Baqarah atau surah-surah lain yang sama panjangnya pada berdiri kali pertama di raka‘at pertama. Untuk berdiri kali kedua pada raka‘at pertama, dibaca ayat yang menyamai 200 ayat. Manakala bacaan ketika berdiri kali pertama pada raka‘at kedua ialah sekadar 150 ayat. Dan bacaan ketika berdiri kali kedua pada raka‘at kedua ialah bacaan yang menyamai 100 ayat Surah Al-Baqarah.
Kemudian apabila ruku‘, maka dipanjangkannya sehingga menyamai lebih kurang dengan 100 ayat, ruku‘ kedua dipanjangkan sekadar 80 ayat, ruku‘ ketiga sekadar 70 ayat dan ruku‘ keempat sekadar 50 ayat. Cara yang kedua ini adalah yang lebih sempurna.
Apabila sembahyang telah selesai, imam bangun berkhutbah dengan dua khutbah, sama seperti khutbah Juma‘at, cuma imam hendaklah mendorong orang ramai supaya bertaubat, melakukan kebaikan serta memberi ingatan agar tidak lalai.

Niat shalat Gerhana adalah sebagai berikut:
1.     Niat Shalat Gerhana Matahari:
أُصَلِّى سُنَّةَ الْكُُُُُُسُوْفِالشَّمْسِ رَكْعَتَيْنِ  ِللهِ تَعَالَى.
Artinya: niat saya shalat Sunnah Gerhana Matahari dua raka’at karena Allah Ta’ala.
2.     Niat Shalat Gerhana Bulan:

أُصَلِّى سُنَّةَ الْخُسُوْفِ الْقَمَرِ رَكْعَتَيْنِ  ِللهِ تَعَالَى.

Artinya: niat saya shalat Sunnah Gerhana Bulan dua raka’at karena Allah Ta’ala.
Niat shalat gerhana berbarengan dengan Takbiratul Ihram seperti shalat pada umumnya.


Sunnah-sunnah dalam Shalat Gerhana:
1.              Setelah I’tidal: سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُpada tiap raka’at maka sunnah membaca Al-fatihah lagi untuk yang kedua kali dan dilanjutkan dengan bacaan surat.
2.              Pada tiap-tiap raka’at dilakukan 2 kali qiyam (berdiri), 2 kali membaca Al-Fatihah, 2 kali ruku’ dan 2 kali I’tidal.
3.              Sunnah shalat dengan jahar (suara keras) pada Gerhana Bulan dan sir (bersuara perlahan) pada Gerhana Matahari.
4.              Waktu mengerjakan shalatnya terjadi semenjak mulai gerhana Matahari/Bulan sampai dengan hilangnya gerhana itu yaitu setelah masuknya Matahari pada Gerhana Matahari atau terbitnya kembali Matahari pada Gerhana Bulan.
5.              Sunnah membaca khutbah pada kedua shalat itu, afdhalnya adalah dengan 2 khutbah seperti shalat hari raya.

4.    Sembahyang Istisqo’ (Minta hujan)
Makna sholat istisqa’ ialah sholat yang disyari‘atkan ketika hujan tidak turun dan mata air kekeringan. anjuran melaksanakan sholat  akan luput apabila turunhujan ketika akan sholat atau mata air mula mengalir.
Terdapat tiga cara untuk meminta hujan :
1)    Cara paling minimal, yaitu berdoa kepada Allah pada waktu yang disukai.
2)    Cara pertengahannya ialah dengan berdoa sesudah ruku‘ pada raka‘at terakhir sholat, atau sesudah selesai sholat.
3)    Cara yang paling sempurna ialah dengan melakukan perkara-perkara berikut:
a)    Tingkat permulaan, imam (ketua pemerintah) hendaklah menyuruh orang/masyarakat supaya bertaubat, bersedekah kepada fakir miskin, meninggalkan segala bentuk kedzoliman, dan berpuasa selama empat hari berturut-turut.
b)    Imam / ketua pemerintah keluar bersama-sama orang warga masyarakat pada hari ke empat dalam keadaan berpuasa, memakai pakaian yang lama (lusuh), dalam keadaan khusyu‘ dan hina menuju ke padang yang luas melalui satu jalan tertentu dan pulangnya melalui jalan yang lain pula. Kemudian ketua melakukan sholat bersama-sama orang ramai sebanyak dua raka‘at seperti sembahyang hari raya.
c)    Apabila selesai sembahyang, imam (ketua pemerintah) hendaklah berkhutbah dengan dua khutbah seperti khutbah hari raya, hendaklah dimulai dengan istighfar sembilan kali pada khutbah pertama dan tujuh kali pada khutbah kedua sebagai ganti kepada takbir. Apabila khutbah kedua bermula dan berlalu satu pertiga daripadanya, khatib hendaklah berpaling ke arah qiblat dengan membelakangkan orang ramai dengan mengubah kedudukan kain jubah atau selendang dengan dijadikan bahagian atas ke bawah, bahagian bawah ke atas, bahagian kanan ke kiri dan bahagian kiri ke kanan sebagai bentuk rasahina di hadapan Allah subhanahu wata‘ala. Orang /warga masyarakat/jamaah juga disunatkan melakukan apa yang dilakukan oleh khatib.

5.    Sholat Jenazah
Shalat Janazah adalah menyolatkan mayyit atau orang yang sudah meninggal.
hukumnyaFardhu Kifayahbagi orang dalam suatu negeri atau kampung yang mengetahui meninggalnya seseorang Muslim.
Arti Fardhu Kifayah adalah: suatu kewajiban apabil sudah dikerjakan oleh sebagian orang, maka terlepaslah/gugurlah kewajibannya itu  atas yang lain, dan bilamana tidak dikerjakan sama-sekali oleh orang-orang yang telah mengetahui akan meninggalnya seorang mayyit muslim, maka berdosalah seluruh orang-orang itu.
Ada 4 (empat) perkara yang menjadi Fardhu Kifayah, yaitu:
1.    Memandikan mayyit.
2.    Mengkafankan mayyit.
3.    Menyalatkan mayyit.
4.    Menguburkan mayyit.

Memandikan Mayyit:
Sekurang-kurangnya memandikan mayyit adalah meratakan sekalian tubuhnya dengan air yang suci dan menyucikan, dengan terlebih dahulu membasuh segala najis yang ada.
Beberapa hal dalam Memandikan Mayyit:
1.    Sunnah niat Memandikan Mayyit.
2.    Sunnah memandikannya ditempat yang tertutup dengan pagar atau kain.
3.    Wajib tidak terlihat antara pusat sampai lutut si mayyit itu.
4.    Sunnah melipat sepotong kain (pakai sarung tangan) di tangan kiri bagi yang memandikan mayyit untuk membasuh najis yang ada pada mayyit, dan sepotong kain yang lain untuk suginya (giginya), dan sepotong kain lagi untuk menggosok badannya.
5.    Sunnah pada permulaan memandikannya dengan air campur bidara, yang kedua dengan air biasa saja, kemudian di penghabisannya dengan air yang dicampur dengan sedikit kapur barus, semuanya tiga kali-tiga kali sambil di petel (digosok) sekalian badannya.
6.    Sunnah mengambilkan wudhu bagi mayyit, sedangkan niatnya adalah wajib bagi yang mengambilkan wudhu itu. 

Mengkafankan Mayyit:
Sekurang-kurangnya mengkafankan mayyit adalah dengan sehelai (satu lapis) kain yang menutupi sekalian badannya.
Beberapa hal dalam Mengkafankan Mayyit:
1.    Bagi mayyit laki-laki sunnah dikafankan dengan 3 (tiga) helai kain putih yang baru dan tiap-tiap helai menutupi sekalian badannya.
2.    Bagi mayyit perempuan sunnah memakai ghamis yaitu baju kurung dan telengkung (mukenah) dan kain dan masing-masing 2 (dua) helai.
3.    Sunnah bagi keduanya (mayit laki-laki atau perempuan) dipakaikan kapas yang dicampur dengan cendana dan kapur barus yang diletakkan diatas tiap-tiap lubang badan dan anggota sujud.

Menyalatkan Mayyit (shalat Janazah):
Rukun Shalat Janazah 7 (tujuh) perkara, yaitu:
1.    Niat Shalat Janazah.
2.    Shalatnya dengan 4 (empat) takbir, dimana Takbir pertama adalah Takbiratul ikhram.
3.    Membaca Al-Fatihah dengan sunnah membaca اَعُوْذُبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِsaja dan tidak sunnat membaca do’a istiftah.
4.    Shalat dilakukan dengan berdiri jika kuasa.
5.    Membaca Shalawat (seperti shalawat pada tashahhud akhir) sesudah takbir yang kedua.
6.    Mendo’akan Mayyit setelah takbir yang ke tiga, sekurang-kurangnya yaitu:
اَللَّـهُمَّ اغْفِرْلَهُ artinya: Ya Allah Tuhanku ampunilah bagi mayyit ini.
7.    Memberi salam setelah takbir yang ke empat, sunnah dengan menambahkan وَبَرَكَاتُهُ.
Adapun aturan dalam Shalat Janazah pada takbir yang pertama dan yang ke dua, maka Wajibnya dan Sunnahnya adalah sama saja bagi mayyit laki-laki atau perempuan.
Sedangkan pada takbir yang ke tiga dan ke empat, maka ada perbedaan dhamirnya (sebutannya).

Berikut adalah Tatacara Shalat Janazah:
1. Niat Shalat Janazah:
اُصَلِّى عَلَى هَـذَا الْمَيِّتِ أَرْ بَعَ تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةٍ  ِللهِ تَعَالَى.
Artinya: Niat saya  shalat atas mayyit ini dengan 4 takbir fardhu kifayah lillahi ta’ala
2. Takbiratul ihram: اَللهُ اَكْبَرُ (berbarengan dengan niat itu)
3. Dilanjutkan dengan membaca Al-Fatihah dan sunnah اَعُوْذُبِاللهِ, yaitu:
Tidak Sunnah membaca Surah setelah Al-Fatihah.
4. Takbir yang kedua: اَللهُ اَكْبَرُ
5. Dilanjutkan dengan membaca Shalawat:
اَللَّـهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وُذُرِّيَّتِهِ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ.
وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُوْ لِكَ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وُذُرِّيَّتِهِ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ. فِي الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

6.     Takbir yang ketiga: اَللهُ اَكْبَرُ
7.     Dilanjutkan dengan do’a mayyit:
Bagi mayyit laki-laki adalah sebagai berikut:
اَللَّـهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّىالثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأًعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَ عَذَابِ النَّارِ.
Bagi mayyit perempuan adalah sebagai berikut:

اَللَّـهُمَّ اغْفِرْلَهَ وَارْحَمْهَ وَعَافِهَ وَاعْفُ عَنْهَ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهَ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَ، وَاغْسِلْهَ بِالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهَ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّىالثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِ لَّهَ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهَ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَ، وَأَدْخِلْهَ الْجَنَّةَ وَأًعِذْهَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَ عَذَابِ النَّارِ.
Artinya:
Ya Allah Tuhanku, ampuni bagi mayyit ini dosanya dan berikan Rahmat padanya dan sentosakannya dan maafkan padanya, dan mulyakan datangnya dan luaskan kuburnya dan sucikan dia dengan embun dan dengan air dan dengan air barad, dan bersihkan dia daripada segala dosa seperti dibersihkannya kain putih daripada segala kotoran, dan gantikan baginya rumah yang terlebih baik dari rumahnya, dan keluarga yang terlebih baik daripada keluarganya, dan Istri yang lebih baik daripada istrinya (bagi wanita: dan perangai suami yang lebih baik dari perangai suaminya didunia), dan masukkan dia ke dalam syurga dan jauhkan dia dari siksa kubur dan siksa api neraka.
8.     Takbir yang ke Empat: اَللهُ اَكْبَرُ
9.     Dilanjutkan dengan ber do’a:
Bagi mayyit laki-laki adalah sebagai berikut:
اَللَّـهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا اَجْرَهُ، وَلاَ تُفْتِنَّا بَعْدَهُ، وَاغْفِرْلَنَا وَلَهُ.
Bagi mayyit perempuan adalah sebagai berikut:
اَللَّـهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا اَجْرَهَ، وَلاَ تُفْتِنَّا بَعْدَهَ، وَاغْفِرْلَنَا وَلَهَ.
Artinya:
Ya Allah Tuhanku, janganlah luputkan kami akan pahalanya, dan janganlah fitnahkan kami sesudahnya, dan ampuni kami dan baginya.
10.  Memberi salam 2 (dua) kali, yaitu:
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.(2×)
Menguburkan Mayyit:
Sekurang-kurangnya Mengubur Mayyit adalah mengubur dalam satu lobang yang dapat menutup aroma bau dan mencegahnya dari (korekan/galian) binatang-binatang buas.
Sunnahnya bahwa dalamnya kubur itu seberdirian ditambah satu hasta (setinggiorang dewasa yang sedang berdiri sambil mengangkat/melambaikan tangannya).
Wajib menghadapkan mayyit ke arah Kiblat, dan sunnah dibacakan Talqin dan do’a wahabah, maka sekalian itu tersebut di dalam kitab “Maslikul Akhyar” dengan segala artinya.

Syarat-syarat sah sholat jenazah ialah sebagai berikut:
1.    Sholat jenazah sama halnya dengan sholat yang lain, yaitu harus menutup ‘aurat, suci dari hadath besar dan kecil, suci badan, pakaian dan tempat serta menghadap ke arah qiblat.
2.    Mayat sudah dimandikan dan dikafankan.
3.    Mayat diletakan sebelah qiblat mereka yang menyolatkannya
4.    Cara melakukan sholat jenazah ialah dengan keadaan berdiri saja, dengan tidak menggunakan gerakan ruku‘, sujud, tasyahhud dan duduk. Serta tidak disertai dengan adzan dan iqamah.

Rukun-rukun dan cara menunaikannya adalah seperti berikut:
1.    Bertakbir dengan takbiratul ihram dalam keadaan berniat sholat atas mayat.
2.    Selepas bertakbir, dibaca Surah Al-Fatihah.
3.    Bertakbir untuk kali kedua. Dan seterusnya membaca salawat dengan salawat paling afdhal ialah salawat Ibrahimiyyah.
4.    Kemudian bertakbir untuk kali ketiga dan berdoa untuk si mati selepas takbir tersebut.
5.    Kemudian bertakbir untuk kali keempat dan berdoa selepasnya.
6.    Kemudian memberi salam ke sebelah kanan dan kiri.

BAB IV
Shalat Qashar dan Jama’

Arti Qashar adalah: Mengurangi 2 (dua) raka’at dari shalat (yang empat raka’at) seperti Shalat Zhuhur, Ashar dan Isya’.
Arti Jama’ adalah: menggabungkan dua shalat fardhu didalam satu waktu.
Syarat-syarat Qashar ada 7 perkara:
1.    Mengetahui akan harusnya bagi orang yang berlayar (musafir/bepergian) yang perjalanannya itu berjarak dua marhalah yaitu perjalanan 90 pal (kilometer).
2.    Jangan kurang kadar jarak perjalanannya itu dari yang ditentukan diatas.
3.    Perjalanannya itu bukan dengan maksud maksiat (piknik maksiat misalnya mau nonton bola,pesta dll)
4.    Qasadnya (tempat yang akan dituju) pada tempat yang sudah ditentukan sebelumnya.
5.    Niat Qashar di dalam takbiratul ihram.
6.    Jangan mengikuti imam yang sedang shalat tamam (shalat yang lengkap/biasa).
7.    Senantiasa pelayarannya itu hingga akhir shalat.

Arti Jama’ Taqdim yaitu: mendahulukankan Shalat Asyar diwaktu Zhuhur atau mendahulukankan Shalat Isya’ diwaktu Maghrib.
Maka syaratnya ada 4 perkara:
1.    Mendahulukan shalat Zhuhur baru kemudian Asyar atau mendahulukan shalat Maghrib baru kemudian Isya’.
2.    Niat Jama’ di dalam shalat yang didahulukan itu (didalam shalat Zhuhur atau shalat Maghrib), dengan mengatakan di dalam hatinya saja: niat saya menjama’ shalat Ashar di waktu Zhuhur” atau niat sayau menjama’ shalat Isya diwaktu Maghrib”.
3.    Segera melakukan shalat antara keduanya (maksudnya setelah salam shalat Zhuhur langsung takbiratul ihram lagi untuk shalat Ashar)
4.    Senantiasa perjalanannya itu hingga habis waktu untuk takbiratul ihram shalat yang kedua (shalat Ashar atau Isya’).

Arti Jama’ Ta’khir yaitu: menta’khirkan shalat Zhuhur di waktu Asyar atau menta’khirkan shalat Maghrib di waktu Isya’.
Maka syaratnya ada 2 perkara:
1.       Niat menta’khirkan diwaktu yang awal (misalnya di waktu Zhuhur tetapi diluar shalat atau di waktu Maghrib tetapi diluar shalat) dan sunnah berlafadz akan niat itu sebagai berikut:
نَوَيْتُ تَأْخِيْرَ الظُّهْرِ إِلَى الْعَصْرِ.
Artinya: Aku niat menta’khirkan Zhuhur kepada Ashar.
Atau:
نَوَيْتُ تَأْخِيْرَ الْمَغْرِبِ إِلَى الْعِشَآءِ
Artinya: Aku niat menta’khirkan Maghrib kepada Isya’
2.       Senantiasa pelayarannya (perjalanannya) itu hingga shalat yang kedua. (shalat Ashar atau Isya tetapi cukup waktunya untuk melakukan shalat jama’ tersebut).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar